Saturday, April 11, 2015

Kok bayi saya ga menelan sama sekali ya pas hari pertama BLW?


Ini nih kurang lebih penjelasan dari buku Baby-led weaning karangan Gill Rapley:

Selama 6 bulan terakhir kan bayi kita hanya tau mekanisme cara minum susu (ASI maupun susu formula), dan susu ini tersedot langsung ke bagian belakang mulut bayi.

Nah kalau makanan padat kan beda, bayi harus berusaha secara aktif untuk memindahkan makanan dari depan mulut dia ke bagian belakang mulut, dan ini sesuatu yang bayi ga bisa lakukan sampai dia menemukan cara untuk menggigit danmengunyah.

Proses belajar menggigit dan mengunyah dapat memakan waktu 1-2 minggu (hanya waktu rata-rata yaa, tiap badi pasti beda perkembangannya). Berarti selama setidaknya 1-2 minggu, makanan yang masuk kemulutnya kemungkinan akan jatuh keluar lagi dari mulut. Dia hanya akan mulai menelan ketika otot-ototlidah, pipi dan rahangnya dapat berkoordinasi untuk bekerja sama untuk menelan.
Ini juga sebenarnya perlindungan alami bayi biar ga tercekik (choking).

CATATAN: Ini semua hanya berlaku kalau bayi sendiri yang memasukkan makanan ke dalam mulutnya, dia yang memegang kendali(ga disuapin)

Dan jangan lupa ya, ASI/susu masih sumber utama nutrisi bayi dibawah umur 1 tahun, jadi coba bawa santai dan jangan memburu-burukan bayi, biarlah dia leluasa belajar dengan kecepatannya sendiri.

No comments:

Post a Comment