Monday, February 23, 2015

Pengalaman hari pertama BLW...

Ayo ibu-ibu, berbagi cerita yuk tentang hari pertama bayi ber-BLW....ini nih yang biasanya bikin deg-degan yang baru mau mulai. Silahkan cerita di komen dibawah posting ini dengan beberapa informasi berikut sebagai contoh aja:
  • Makan apa?
  • Dimasukkan ke mulut ga?
  • Berapa lama (durasi) waktu makannya?
  • Kalau tidak dimasukkan ke mulut, hari keberapa makanan baru masuk mulut?
Satu orang akan dipilih dan mendapatkan bib dan gelas kodok Ikea. Kalau yang mau berbagi dan tidak perlu hadiah ini tolong bilang aja ya di komen (siapa tau udah punya), biar yang lain bisa dapat kesempatan.


Hari pertama Jimmy bikin deg-degan banget. Aku sampaii minta suami temenin observasi karena ga PD haha. Jimmy pertama kali makan brokoli. Bisa pegangnya agak lama, tapi akhirnya kepegang dan dibawa ke arah mulut dan kayaknya ga sengaja ketelan sedikit (horeeeeee). Sesi makan sih sekitar 15 menit. Besonya dicoba lagi, kurang lebih sama hasilnya. Videonya bisa dilihat disini.


9 comments:

  1. Sidqi pertama blw ya pas mpasi perdana.
    Awalnya kasi pisang,cuman dinyemek2 trus buat masker rambut haha.
    Trus kasi wwortel rebus eh wortelnya dipelototin trus dipake karaokean.
    Akhirnya hari kedua saya kasi sawi dimakan horeee.
    Habis itu dikasi minum eh keselek trus muntah,seisi perut keluar semua.huwaaaaa

    ReplyDelete
  2. BLW perdana Cetta sbnernya mungkin g sengaja BLW krn saat itu saya belum ada informasi soal BLW..
    Makanan BLW perdana Cetta adalah kacang panjang (lalaban di menu saya sebenernya, hehehe)
    kacang panjang langsung d genggam dannnn hap mulus masuk mulut trus d gigit n d tarik (semoga kebayang y buibu).. masuk gigit tarik gt trus sampe brekele bentuknya dh gt d lempar sama Cetta..durasi paling 5 menit.. ortunya yg takjub sama mulusnya proses ini trus lngsng cari info soal mpasi..dan saat itu emng Cetta dh mw 6 bln..ehhh ktmu deh blwindonesia.com trus join d grup fb ny..trus kebut cari artikel soal blw..bukunya dh nitip cari tp g adaaaa...huks
    karena Cetta nemenin ayahnya kerja d plosok kalimantan, BLW an dgn sayur beragam itu penuh pengorbanan karena syusyah nyari sayur n buah dsini.. akhirnya begitu tetangga ada ksmpatan k Balikpapan nitip deh brokoli, buah2an sama labu jepang.. pas dicoba anaknya kayanya suka aja brokoli rebus..di gigit, d isap..tp pas ada yg masuk dikit yg kluar lbh bnyak..hehehe..
    sxan nnya deh, proses muntah2 gn brapa lama y?
    Smpe skarang Cetta dh 4x coba BLW dg menu pear kukus, apel kukus, timun n kacang panjang (lalaban emaknya) dan smua klo masuk dikit langsg muntah..huks.. suami jd agak ragu..tp saya ttp pengen BLW.. smg lancar yaa kedepannya..
    sbnernya pengen curhat bnyak..tp ni ko kayanya dh panjang y..

    Aaahhh lucuw amat bib nyaa.. dsini mah mana adaa..
    moga2 menang ahh..haha..

    Salam BLW...
    btw ini comment nya pk nama suami.. saya kok g ngerti y cara ngubahnya..hee

    ReplyDelete
  3. Dewi d'Maghfiroh Yeeeaay...pertama mau mulai blw tu serasa mau gimana gituuu..saya persiapan dr mulai googling hc,baca2 buku pertama bwl saya kasih de ammar makan alpokat prosedur pertama ya cuci buahnya dulu belah dua potong memanjang.pertama sich itu alpokat cuma dipelototin aja trus dipegang,dipukul2 agak sedikit hancur tu alpokat lama2 dia masukin kemulut dech setelah nasib si alpokat rada2 hancur berantakan akibat dipukul2 hehehe..tapi akhirnya dia sedikit kunyah2 trus reaksi mukanya ada sedikit aneh kayak mau kelolotan tapi akhirnya bisa ditelan juga,durasi makan sekitar 15 menitan,hari kedua saya kasih jeruk yang ini makin seru..itu jeruk di remet dipukul sampai airnya pada keluar,trus meja hc nya kayak dicuci pakai air jeruk tapi akhirnya ada yang di makan juga.hari ketiga dicoba buah naga ini sesi yg bikin akak nya senang dan bilang de ammar kayak pakai lipstik merah kemana2..durasi makan kurleb 15-20 menit.sekarang makin lihat aja apa2 dimasukin mulut #geleng2 kepala..sampai saya abadikan dengan jepretan dan video2nya.Luv U de ammar ,Luv blw..

    ReplyDelete
  4. Novi Lurzy Auludya Yippiiiiiieee
    Awal kyan makan MPASI pakai model konvensional (spoonfeeding) sampai jalan umur 7 bulan.
    Sampai akhirnya liat video blw jimmy kalau g salah hari kedua jimmy makan brokoli amaze bgt liat jimmy makan si brokoli,dan yg paling keinget background BLWnya ada si embak lg setrika..hehe.
    Kembali ke cerita BLW pertama kyan setelah liat video jimmy,langsung cari2 info BLW,join group ini,cari referensi akhirnya mantep pakai metode ini.
    Menu pertama BLW kyan yaitu si brokoli kukus.
    Saya pilih brokoli yg gagangnya agak panjang2 biar enak dipegang brokoli saya potong kuntumnya trus direndem air garam 5 menit trus bilas trus kukus sampai empuk. Ingeet banget pertama diliat dlu trus diambil,dibuang,ambil lg tp kyan pegang brokolinya terbalik jd yg dimakan batangnya dlu...hihi...
    Ekspresinya lucu banget.
    Pengalaman pertama gagging waktu makan mangga,karena lembek kali ya
    BLW memang recommended banget buat bunda2 yg ingin melatih kemandirian anak dari bayi and it works

    ReplyDelete
  5. Selamat ke pak/bu Lutfi yang memenangkan hadiahnya. Tolong message alamatnya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb lissa... td br liat blog blwindonesia lg pas buka artikel yg mb share d fb soal alesan berBLW.. sama mb.. awalnya saya jg alesannya point no 1.. hehehehe..

      Btw masih berlaku kah menangnya..?hehehe..

      Klo blm expired kbtln nnti nenek Cetta mw k Berau.. klo d krm lngsng ksini ongkirnya muahaall..
      Jd klo menangnya msh berlaku,hihi, bs d krm k rmh kk aja d BSD.. alamatnya jl. Natuna blok U1 no 9 nusaloka BSD an lika kurnia asri..

      Trimakasihhhh...salam buat kk Jimmy..

      Delete
  6. Wahhh tak cari2 ketemu juga orangnya hehe, ok besok dikirim ya mbak. Selamat yaaa

    ReplyDelete
  7. Vika Budi Riandini: Makanan pertama yang saya berikan adalah pisang dan ubi rebus. dan hasilnya? taraa, Najmi sukaa bangeet. ubi yang tadinya ogah diliat sekalipun dilalap sampai hampir habis. wow!
    pisang yang bahkan ukurannya lebih besar dari kepalan tangannya pun di masukkan ke dalam mulutnya dengan penuh antusias. esok harinya saya buatkan baso, dengan produk gagal tentunya. haha. tp yang menharukan, Najmi berhasil menghabiskannya.. T.T

    ReplyDelete
  8. Intan Permata Sari

    Di awal blw wkt zayyan usia 180 hr, krn zayyan blm bisa duduk tegak jd saya pangku bun. Menu pertama yang saya kasih ke zayyan itu pear kukus. Hari pertama sampe hari ke 3, sukses makanannya cuma dipegang2 doang. Gak ada yang masuk mulut. Hari ke 4 zayyan mulai mau pegang makanan dan angkat ke mulut tp meleset hhe - akhirnya zayyan justru menjilat2 makanan d tray nya. Hari ke 4 ini saya baru kasih zayyan duduk di kursi, sambil d sangga selimut biar duduknya tgak.Yang penting posisi tubuh anak tegak bunda, in syaa Allah gak akan choking. Klo gagging itu gak papa bunda krn proses belajar anak mengatasi makanan yang potongan terlalu besar.
    Bunda jangan panik, anak2 itu fast learner lho mereka belajar dan menyerap informasi dengan sangat cepat. Saya suka makan juga di depan Zayyan jd dia punya contoh cara makan, jd makan bedua gt. Sambil saya kasih semangat, kadang sampe tepuk tangan - udah kaya cheerleader aja.. hhe..

    Sekarang udah hari ke 35 zayyan BLW bun, banyak banget perkembangannya. Awal2nya emang sulit, apalagi liat makanan gak abis anaknya udah melengos - hhe... tapi skrg ngeliat makanannya abis itu wahh banget..

    Semua itu proses bun,, semangat yaa

    ReplyDelete