Tuesday, January 27, 2015

Alergi Jimmy

Dulu pas baru mulai MPASI, aku ga terlalu perhatiin masalah alergi. Padahal aku sendiri ada riwayat eksim, tapi ga kepikiran sama sekali bahwa Jimmy bisa alergi juga (maklum, mama amatir hehe).

Aku sudah baca tentang peraturan 3 hari, jadi pas 1-2 minggu pertama aku masih rajin tuh ngikutinnya. Lama-lama kelewat santai, jadi suka dengan cueknya rubah menu setiap hari.
Dan lagi-lagi karena mama amatir, aku ga perhatikan bahwa ada perubahan di kulit Jimmy.
Pas eksim Jimmy udah parah dan susah disembuhin, aku baru deh bongkar-bongkar foto Jimmy....dan ternyata pas 6-7 bulan itu memang sudah ada titik merah kecil di kakinya. Dulu aku pikir cuman bentol dikit. Lama-lama membesar dan akhirnya jadi cukup parah. Bahkan ketika cukup parah itu aku masih belum kepikiran bahwa itu dari makanan, jadi makannya masih ga dijaga, akhirnya gatal-gatalnya menyebar ke kaki lain, tangan, dll...hiks.

Pas ke dokter alergi, sudah sulit sekali untuk menentukan makanan mana yang menyebabkan alerginya karena Jimmy sudah makan banyak jenis makanan. Akhirnya aku dan Jimmy coba diet beberapa menu tertentu atas saran dokter....tapi masih belum sembuh juga. Bikin sedih banget deh lihat kakinya berdarah karena digaruk, dan bikin stres pertanyaan-pertanyaan orang nanyain kenapa kulit Jimmy kok gitu, Malah ada yang bilang itu karena BLW, katanya seharusnya makan bubur aja (????!!).

Pada akhirnya aku hanya menunggu sampai sistem imunnya bertambah kuat dan mencoba menghindari makanan yang rentan alergi. Akhirnya pada usia sekitar 1 tahun, gatal-gatal Jimmy mulai berkurang, dan sekarang dia bisa makan apa saja...fiuhhh.

Jadi kalau di keluarga ada riwayat alergi, jangan anggap remeh peraturan 3 hari ya, dan rajin-rajin cek seluruh tubuh bayi jika ada makanan baru yang dimakan...daripada menyesal dikemudian hari dan pusing cari sumber alergi. Tentunya alergi tidak selalu dalam bentuk gatal-gatal pada kulit, jadi perhatikan juga gejala-gejala lainnya.

No comments:

Post a Comment