Friday, March 27, 2015

Perlukah kursi tinggi (high-chair) untuk BLW?

Ini banyak dipertanyakan oleh ibu-ibu yang mau mulai BLW, perlu ga sih punya high-chair?
Jawabannya singkat: Ga perlu. Bayi bisa makan dipangku atau lesehan.

TAPI secara pribadi high-chair itu membantu banget untuk kita bisa observasi bayi pas makan. Dan sebaliknya, bayi pun bisa observasi kita makan, jadi bisa mencontohkan. Kalau dipangku kan agak susah ya untuk lihatnya. Dan BLW itu berantakannn, jadi kalau dipangku kita juga ikut berantakan =D
Kalau lesehan kadang bayi duduknya agak susah untuk tegap, dan sebenarnya kalau aku pribadi  kurang nyaman makan lesehan karena perutnya ketekuk =P

Kelebihan lain high chair adalah kita bebas bergerak dan si bayi bisa aman kita tinggalin disitu, karena pas jam makan aku biasanya suka mondar mandir ke dapur, ambil makanan yang kurang lah, ambil minuman lah, dll. Awal-awal BLW tuh bisa lama lho durasinya sekali makan, jadi kadang kalau pangku kita malah jadi kurang sabar karena kitanya pegal/bosen/ga bisa banyak gerak.
Satu lagi, kalau makan di restoran, bayi akan sudah terbiasa duduk di high chair karena sudah latihan di rumah.

Pas hari pertama BLW, Jimmy pakai bumbo seat yang aku sewa, karena aku merasa dia belum terlalu bisa tegap. Tapi aku liat dia kayak ga nyaman, jadi besoknya aku pindahin ke high chair yang kita beli di Informa, sambil diselipin handuk di kanan kiri dan belakangnya. High-chair ini berguna dan dipakai sampai Jimmy 1 tahun 9 bulan (jadi total kepake selama 15 bulan). Setelah itu Jimmy mulai mau duduk di kursi biasa seperti kita (sok gede!), jadi sekarang pakai booster seat. Tapi sekali-sekali dia masih minta duduk di high-chairnya. Kalau makan di luar ya dia adaptasi aja sama keadaan. Kalau ada kursi tinggi ya syukur, kalau ga ada ya dipangku atau didudukin di meja aja.

Apa bedanya high-chair dan booster seat?
Kalau menurutku pribadi sih high-chair lebih cocok untuk bayi, kesannya lebih aman dan kokoh; dan booster seat untuk yang sudah agak besaran. Tapi sekarang kayaknya sudah banyak booster seat yang modelnya macam-macam ya, jadi mungkin pendapatku ini kurang akurat.

Pada akhirnya, jangan membiarkan kekurangan perlengkapan BLW menghambat proses belajar anak, BLW ga perlu apa-apa kok (kecuali ya alat masak buat masak...ya iyalahh)..

Btw yang tinggal di daerah dan mau titip high chair seperti Jimmy, bisa lihat di Toko BLW.

No comments:

Post a Comment